Backlink memiliki pengaruh yang sangat besar pada SEO sebuah website. Jika jumlah backlink yang mengarah ke website yang sedang dioptimasi semakin banyak maka semakin tinggi kesempatan untuk menempati halaman pertama di mesin pencari. Jika belum mengerti apa itu backlink, mari simak penjelasan berikut :

Apa Itu Backlink?

Backlink merupakan sebuah link yang disisipkan pada sebuah website untuk diarahkan ke website lain yang sedang dioptimasi. Secara sederhana backlink adalah tautan link yang mengarah ke website lain yang dioptimasi.

Backlink memiliki manfaat yang sangat penting untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencari. Selain itu backlink dapat meningkatkan popularitas website untuk menaikkan pagerank. Backlink biasanya berupa sebuah link atau tautan yang berbentuk teks atau gambar dari situs tertentu.

Jenis-Jenis Backlink Yang Bisa Diketahui

Backlink paling banyak digunakan untuk optimasi mesin pencari, karena backlink menjadi penguat sebuah halaman website untuk untuk dapat menempati peringkat pertama pada mesin pencari. Sehingga backlink memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan peringkat SEO sebuah website. Backlink terbagi menjadi 5 jenis yaitu :

1. Backlink Profile

Backlink yang pertama sering dijumpai pada forum-forum atau website yang menyediakan kolom registrasi. Biasanya pada kolom registrasi akan diminta untuk mengisi kelengkapan biodata, terkadang juga diminta untuk mengisi alamat website.

Backlink profile memiliki pengaruh yang lumayan kuat, tergantung kualitas website yang akan disisipi alamat Website yang sedang dioptimasi.

2. Backlink Contextual

Backlink contextual biasanya ditempatkan di awal konten, di tengah konten maupun di akhir konten. Contohnya saat membuat artikel di sebuah forum, bisa disisipkan link yang menuju ke Website yang sedang dioptimasi. Backlink contextual ini memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap Website yang sedang dioptimasi.

Tergantung Page Authority dan Domain Authority juga yang tinggi makan akan membuat website yang dioptimasi bagus di mata Google.

3. Backlink Comment

Backlink yang kedua ini juga sangat mudah untuk diterapkan, caranya dengan menuliskan komentar pada website orang lain yang disisipi link yang menuju ke website kita. Biasanya terdapat website yang menyediakan kolom komentar khusus yaitu satu kolom untuk menuliskan alamat Website yang sedang dioptimasi.

Jika terdapat website yang hanya menyediakan kolom komentar saja dan tidak terdapat kolom khusus untuk menuliskan alamat website. Maka link alamat website yang akan disisipkan dapat ditulis pada kolom komentar menggunakan anchor text.

4. Blogpost Backlink

Backlink yang satu ini bisa dikategorikan backlink yang cukup susah dipasang daripada jenis backlink yang lainnya. Setiap blogger harus memiliki jaringan yang cukup luas dengan sesama blogger lainnya. Cara pemasangan blogspot backlink adalah dengan cara menyisipkan link di dalam sebuah konten yang berada di website lain.

Oleh karena itu jika ingin memasang backlink ini harus mendapatkan izin dari pemilik website yang akan disisipi link menuju Website yang sedang dioptimasi. Dilihat dari segi kualitas backlink blogspot bisa dikatakan backlink paling handal. Jadi untuk dapat memasang backlink ini sering-seringlah untuk memperluas jaringan dengan sesama blogger.

5. Private Blog Networks (PBN)

Berbeda dengan backlink lainnya, backlink ini memerlukan biaya untuk pemasangannya. Cara menggunakan backlink PBN adalah dengan cara membeli blog yang sudah expired kemudian digunakan kembali untuk menulis artikel yang di dalamnya disisipi link menuju Website yang sedang dioptimasi.

Namun yang perlu diingat tidak boleh sembarangan saat membeli blog expired, karena kekuatan link sangat berpengaruh pada kualitas blog. Backlink ini dapat dibeli di penyedia jasa PBN seperti ads.id, fever dan lain-lain.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu backlink dan jenis-jenis backlink. Setelah membaca ulasan dalam artikel ini, mulailah mendapatkan backlink yang berkualitas untuk  mengoptimasi website masing-masing.

Kategori: Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *