Sebagian besar orang masih belum mengetahui apa itu google analytic. Google analytic merupakan software web yang berguna untuk melacak atau melihat sumber pengunjung. Tentunya software ini akan sangat berguna bagi yang memiliki website wordpress. Untuk itu penting bagi pemilik wordpress untuk mengetahui cara daftar google analytic di wordpress.

Selain sebagai tempat menyimpan file berharga dan menghemat penyimpanan harddisk, wordpress juga dijadikan sebagai pundi-pundi uang. Oleh karena itu penting mengetahui cara mendaftarkan google analytic di wordpress agar pemilik wordpress bisa meningkatkan kualitas wordpressnya.

Cara Mendaftarkan Akun Google Analytic

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai cara daftar google analytic adalah  membuat akun google analytic terlebih dahulu agar bisa mendapatkan kode tracking untuk memasangnya di dashboard admin wordpress. Cara membuat akunnya adalah dengan masuk ke halaman utama google analytic. Klik tombol sign in kemudian pilih google analytic.

Jika sudah muncul halaman log in, masukkan alamat email gmail. Jika belum memilikinya silahkan membuat akun gmail terlebih dahulu. Setelah berhasil log in di halaman utama google analytic, akan muncul pertanyaan what would you like to track? Pilih menu website dan beri tanda ceklis pada universal analytic.

Kemudian masukkan beberapa informasi seperti nama akun, nama website, domain, kategori industri dan waktu area. Jangan lupa ceklis seluruh kotak pada data sharing setting lalu pilih get tracking id. Setelah berhasil membuat akun google analytic, akan muncul kode tracking. Kemudian salin kode tracking tersebut untuk digunakan pada langkah berikutnya.

Cara Memasangkan Google Analytic ke WordPress

Untuk memasangkan Google analytic ke website ada dua cara yaitu dengan menambahkan langsung terhadap header.php atau memasangkan dengan plugin. Berikut cara yang bisa dilakukan:

Cara Memasang Dengan Plugin

Cara yang paling mudah untuk menambahkan kode tracking pada wordpress adalah dengan menggunakan plugin. Seperti plugin All In One SEO Pack, Yoast SEO, dan By ShareThis. Plugin yang disarankan adalah google analytic by sharethis sehingga untuk menambahkan kode tracking tidak perlu melakukan modifikasi kode terlebih dahulu.

Cara menambahkan google analytic ke worodpress dengan plugin yaitu melakukan login ke dashboard wordpress dan install plugin google analytic. Arahkan kursor pada kolom pencarian dan ketikkan google analytic kemudian bisa memulai instalasi plugin by sharethis.

Setelah selesai maka plugin telah aktif dan masuk ke pengaturan dan pilih google analytic. Input kode tersebut ke web property id dan klik tombol save changes sehingga kode tracking berhasil ditambahkan.

Tunggu hingga kurun waktu 12 sampai 24 jam untuk menerima laporan dari google analytic. Statistik dari website yang baru saja didaftarkan dapat dilihat di tab reporting.

Cara Memasang Dengan Header.php

Cara memasangkan kode tracking google analytic ke wordpress dengan header.php terhitung cukup mudah. Caranya cukup degan mempastekan atau menempelkan kode tracking di bawah kode pembuka <head>.

Pastikan untuk benar-benar mengetahui letak kode <head> di bagian header.php atau index.html kemudian carilah kode <head> dan tempelkan kode pelacaknya. Setelah itu save dan pemasangan selesai.

Itulah penjelasan mengenai cara daftar google analytic di wordpress dan bagaimana cara memasangkannya. Seperti yang sudah diketahui peran google analytic ini sangat bermanfaat seperti dapat menganalisa sebuah website sehingga dapat mengetahui apa yang menjadi minat pengunjung sehingga sampai ke website tersebut. Selain itu juga dapat menjadi patokan untuk membuat konten yang diminati banyak orang.

Kategori: Tutorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *