Sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan artikel menarik untuk dipublikasikan agar mendapatkan uang. Artikel dibuat sangat menarik agar menambah para pengunjung blog atau website perusahaan. Tetapi banyak orang belum tahu bagaimana cara membuat artikel yang menarik.

Seringkali orang melakukan kesalahan penulisan yang sepele, namun bisa membuat sebuah artikel menjadi terkecoh dengan kesalahan itu. Agar penulis bisa menulis dengan baik dan benar, berikut 10 cara membuat artikel yang menarik :

1. Kalimat Pembuka Yang Menarik

Sebuah kalimat jika disusun secara rapi pastinya akan memberi kesan yang menarik. Pembaca juga akan meneruskan membaca artikel jika kalimat pembuka dibuat dengan sangat menarik. Kalimat pembuka pastinya juga harus disesuaikan dengan isi dan judul artikel agar terlihat lebih serasi antara paragraf pembuka dengan paragraf isi.

2. Memakai Kata Baku

Seringkali banyak orang yang tidak memperhatikan kata yang dirangkai. Bahkan ada juga orang yang belum bisa membedakan kata baku dan kata tidak baku. Padahal penggunaan kata baku dalam artikel itu sangat penting guna memperjelas kalimat. Contoh kata baku yaitu abjad, aktif, aktivitas, analisis, apotek, asas dan lain sebagainya.

3. Pemberian Spasi Atau Jarak

Pemberian spasi dalam sebuah kalimat sangat diperlukan. Agar pembaca mudah memahami kalimat yang disampaikan. Pemberian jarak juga harus disesuaikan dengan kata yang ditulis. Kata yang seharusnya diberi spasi atau jarak yaitu kata terima kasih, tanggung jawab, dan masih ada kata lain lagi.

4. Pemberian Tanda Baca

Tanda baca disarankan harus sesuai agar pembaca mudah memahami kalimat yang ada. Khususnya tanda baca koma dan titik. Seringkali banyak orang yang masih salah dalam penempatan tanda baca. Agar artikel terlihat menarik dan rapi, tanda baca ini sangat diutamakan kebenarannya.

5. Jangan Copy Paste

Orang yang malas menulis terkadang memaksakan diri untuk menyalin tulisan orang lain. Padahal kalimat yang ditulis orang lain tidak selalu benar. Ada kata-kata yang mungkin salah penulisan tetapi penulis tidak teliti dalam menyalin tulisan. Dengan demikian copy paste atau menyalin tulisan orang lain sangat tidak disarankan.

6. Membuat Judul Yang Menarik

Seseorang pasti akan tertarik dengan judul yang bagus. Judul pada sebuah artikel dibuat seunik dan semenarik mungkin guna membuat para pembaca menjadi penasaran. Cara ini yang sering diabaikan oleh para penulis. Terkadang para penulis tidak menghiraukan bagian judul. Padahal judul yang menarik itu sangat penting diterapkan.

7. Pembahasan Yang Bermanfaat

Agar artikel penulis terlihat menarik di mata pembaca. Salah satunya yaitu dengan cara menulis artikel yang bermanfaat bagi pembaca. Pembahasan yang banyak dicari oleh masyarakat yaitu tentang kesehatan, prosedur, teknologi, tempat wisata dan materi pembelajaran.

8. Menyisipkan Gambar Yang Menarik

Seseorang pasti akan tertarik jika melihat sampul yang sangat bagus. Melihat hal demikian, untuk para penulis sebaiknya memberikan gambar yang menarik pada artikel. Gambar tersebut tentunya harus disesuaikan dengan isi dan judul artikel. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para penulis.

9. Review Ulang Sebelum Dipublikasikan

Cara yang terakhir ini maksudnya yaitu sebelum artikel dipublikasikan, koreksi dahulu setiap kalimat yang sudah dibuat. Kadangkala ada kesalahan sedikit yang mungkin tidak terlihat oleh mata. Tetapi itu bisa mengurangi nilai kemenarikan artikel yang sudah penulis buat.

10. Kalimat Penutup Yang Berkesan

Para pembaca akan merasa puas ketika membaca sebuah artikel yang menarik. Selain puas pada isi artikel, pembaca juga pasti akan merasa puas pada kalimat penutup. Mengapa demikian? Pada kalimat penutup ini terdapat kesimpulan dari seluruh isi yang sudah dibaca oleh pembaca.

Itulah 10 cara membuat artikel yang menarik. Jadi, pada intinya semua bagian dalam penulisan artikel sangat penting untuk diperhatikan.

Kategori: Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *