Pastinya AdSense sudah tidak asing lagi bagi pengguna blog karena penggunanya dapat menghasilkan penghasilan tambahan. Namun bagi pemula, AdSense mungkin masih terdengar asing dan terasa sulit untuk dibuat. Padahal cara pasang AdSense di blog tidaklah sulit.

Bagi pengguna baru, ada dua cara yang dapat dipilih untuk memperoleh penghasilan tambahan dari Google AdSense. Yang pertama yaitu yaitu Per-click dimana jenis pembayaran ini bergantung pada jumlah orang yang mengklik iklan yang dipasang. Jika tertarik untuk menggunakan adsense, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memasang AdSense di blog:

1. Membuka Blog Pribadi

Pastikan pengguna memiliki blog yang akan dipasangi iklan AdSense dan biarkan blog yang dimiliki dalam keadaan terbuka. Blog digunakan untuk menampilkan iklan yang dibuat. Jika belum memiliki blog, buatlah terlebih dahulu dan pastikan konten yang ada di dalamnya sesuai dengan iklan yang akan ditampilkan.

2. Berkunjung Ke Halaman Google AdSense

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu dengan berkunjung ke halaman Google AdSense. Pengguna dapat menuliskan alamat http://www.google.com/AdSense/start untuk Sign in dengan memasukkan alamat email dan password yang tersedia.

3. Memasang Iklan Google AdSense Melalui Edit HTML Blog

Salah satu cara memasang iklan AdSense yaitu melalui edit HTML blog. Setelah masuk ke dalam akun, perhatikan menu Google AdSense yang ditampilkan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pengguna:

  • Klik menu tab My ads yang terletak pada bagian atas akun Google AdSense. Setelah itu klik tombol New As Unit yang terletak di bawahnya.
  • Pengguna diharuskan untuk memberi nama unit iklan yang akan dibuat di kolom yang tersedia. Nama yang dibuat di unit iklan menentukan iklan yang dibuat akan muncul dimana. Apakah itu dibagian atas, bagian sidebar atau mungkin di bagian bawah.
  • Pilihlah tampilan iklan yang direkomendasikan oleh Google AdSense kepada pengguna baru. Tampilan yang direkomendasikan berupa ukuran iklan (Automatic Size Responsive). Beberapa ukuran yang direkomendasikan yaitu 300×600 Large Skyscraper, 320×100 Large Mobil Banner, 336×280 Large Rectangle, dan 728×90 Leaderboard.
  • Selanjutnya, pilih Ad type yang merupakan tipe iklan yang ingin ditampilkan.
  • Pilih Text as style, kemudian pilih Default.
  • Sesuaikan warna dengan template iklan yang akan ditampilkan. Caranya yaitu dengan meng-klik tombol copy dan edit. Kemudian kolom yang tersedia diisi sesuai dengan iklan yang ingin ditampilkan. Jenis huruf, ukuran, serta kode warna sebaiknya disesuaikan dengan kode link yang digunakan pada template blog. Untuk mengetahui kode warna, dapat menggunakan add colorzilla yang ada pada tampilan. Jika bingung, pengguna disarankan memilih menu standard (Default) yaitu tampilan dengan text dan link url biru serta background berwarna putih.
  • Klik Save agar perubahan yang telah dibuat tidak hilang.
  • Buka blog yang akan dipasangi iklan kemudian pastekan kode iklan AdSense yang akan dipasang.

4. Iklan AdSense Akan Muncul Pada Blog

Iklan yang akan ditampilkan pada blog tentunya sesuai dengan iklan yang telah dibuat oleh pengguna. Google AdSense memungkinkan iklan yang ditampilkan memiliki kesamaan konten dengan blog. Dengan menggunakan AdSense, pengguna dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan mudah.

Nah itu dia cara pasang AdSense di blog sehingga penggunanya dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan mudah. Saat mengedit iklan, pastikan tampilan dan kontennya sudah sesuai dengan blog yang dimiliki. Cukup mudah sekali kan cara pasangnya, jika mengikuti langkah tahap demi tahap pasti semua bisa memasangnya sendiri.

Kategori: Tutorial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *