Sebelum melakukan riset kata kunci, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setidaknya ada 4 elemen penting, yaitu volume pencarian, saran kata kunci, tingkat kesulitan dan SERP. Setelah mengetahui 4 elemen penting tersebut, tinggal memilih tools mana yang akan digunakan. Bagaimana cara riset kata kunci menggunakan tools gratis dan berbayar? Berikut cara yang bisa dilakukan dengan mudah:

1. Menggunakan KWFinder

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh KWFinder ketika melakukan riset kata kunci diantaranya adalah volume pencarian, SERP dan tingkat kesulitan. Tools riset keyword ini hanya memberikan kesempatan 2 kali dalam melakukan riset kata kunci secara gratis. Jika ingin melanjutkan pemakaian, harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Ada banyak pilihan registrasi disini, mulai dari yang free hingga paket termahal. Jika hanya digunakan untuk riset sederhana, bisa dengan mendaftar sebagai anggota yang free. Keuntungan yang dapat diperoleh diantaranya adalah melakukan riset keyword hingga 5x dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu juga bisa mendapatkan 50 suggest keyword setiap 1 keyword pencarian.

2. Manfaatkan Tools Gratis Dari Neil Patel

Cara riset kata kunci selanjutnya adalah menggunakan ubersuggest dari Neil Patel. Tools riset keyword ini 100% gratis dan bisa mendapatkan banyak manfaat. Caranya menggunakannya cukup mudah, cukup dengan mengetikkan keyword yang ingin digunakan dan memilih wilayah negaranya. Ubersuggest nantinya akan memberikan informasi terkait volume pencarian, saran keyword, tingkat kesulitan dan CPC.

3. Mencoba Fasilitas Trial Dari SEMrush

Berbeda dengan tools riset keyword sebelumnya, untuk menggunakan SEMrush diwajibkan untuk mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu. Pendaftaran anggota ini gratis untuk trial 7 hari saja, untuk penggunaan selanjutnya akan ada biaya sekitar $99 per bulannya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba versi trialnya terlebih dahulu. Jika dirasa memiliki banyak kelebihan dibandingkan yang lain bisa dengan berlangganan per bulannya.

4. Gunakan Keyword Shitter Untuk Riset Long Tail Keyword

Seperti halnya dengan ubersuggest, keyword shitter merupakan tools riset keyword secara gratis. Cara riset kata kunci dengan tools ini sangatlah mudah dan sederhana. Cukup dengan mengetikkan kata kunci yang ingin dicari, nantinya tools ini akan memberikan saran long tail keyword dari kata kunci tersebut.

Sayangnya tools ini tidak memberikan banyak informasi seperti volume pencarian, tingkat kesulitan dan lain sebagainya. Namun tools ini cocok untuk mencari long tail keyword.

5. Riset Dengan MOZ Versi Trial

MOZ merupakan tools riset keyword secara gratis yang dapat digunakan setelah melakukan pendaftaran sebagai anggota terlebih dahulu. Setelah terdaftar sebagai anggota, nantinya dalam sehari bisa melakukan riset sebanyak 10 keyword. Penggunaan riset kata kunci dengan MOZ secara gratis ini hasilnya tidak terlalu maksimal.

Tidak ada informasi seperti volume pencarian, SERP serta tingkat kesulitan. MOZ hanya akan memberikan sedikit informasi terkait kata kunci yang dicari. Disisi lain, fitur gratis ini hanya diberikan selama 30 hari saja. Penggunaan selanjutnya akan ada tagihan sebesar $179/bulan.

6. Memanfaatkan Fitur Dari Google

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan besar Google? Fungsi utamanya memang sebagai search engine, namun ada fitur lain yang ditawarkan untuk melakukan riset kata kunci, yaitu Google Trends. Penggunaannya tidak terlalu sulit, tinggal mengatur beberapa alat yang telah digunakan.

Caranya adalah aturlah wilayah negara yang hendak dijadikan sebagai target. Kemudian ketikkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom yang tersedia. Nantinya Google Trend akan menampilkan sebuah grafik dari pergerakan kata kunci tersebut. Menariknya adalah tools satu ini dapat menampilkan long tail keyword secara real time.

Masih ada banyak sekali cara riset kata kunci dengan tools gratis ataupun berbayar yang bisa dipelajari dan dipraktekkan. Sebaiknya menggunakan tools riset kata kunci sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika belum memiliki banyak budget, disarankan untuk menggunakan tools pencarian keyword gratis terlebih dahulu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *