Pembahasan tentang darimana sumber penghasilan blogger pemula akan menjadi suatu hal yang menarik bagi kita semua. Di era digital seperti sekarang ini, aktivitas ngeblog yang biasa disebut dengan blogger, ternyata sudah menjadi profesi bagi sebagian besar anak-anak muda. Mungkin kalau dulu aktivitas ngeblog seperti ini hanya dilakukan untuk mengisi dan memanfaatkan waktu luang saja.

Hal tersebut bisa terjadi karena aktivitas seperti ini ternyata menjadi kegiatan yang cukup menjanjikan. Terdapat banyak blogger dunia yang sukses, salah satunya adalah Pete Cashmore salah satu pemilik website Mashable dengan pendapatan hingga miliyaran rupiah per bulan.

Sampai saat ini, Pete Cashmore diliput banyak media untuk menginspirasi kepada para blogger di seluruh dunia. Tidak hanya di luar sana, di Indonesia juga terdapat banyak orang beruntung dan sukses mendapatkan penghasilan blogger pemula. Bahkan penghasilan mereka pun jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gaji standar pegawai di Indonesia.

Maka dari itu, di sini akan dibahas tentang rata-rata penghasilan blogger Indonesia. Meskipun tidak bisa menjadi satu-satunya patokan yang pasti, tapi pembahasan kali ini dapat menjadi suatu informasi yang bisa memotivasi para blogger. Berikut beberapa sumber penghasilan blogger pemula.

1. Konten Bersponsor

Penghasilan yang  biasanya didapatkan oleh para blogger adalah dari konten yang mengandung sponsor. Konten yang dimaksud bisa meliputi content placement atau sebuah artikel review. Nah, biasanya Konten seperti inilah yang biasanya disukai oleh banyak perusahaan ingin mempromosikan produknya kepada para konsumen melalui Internet. Tentunya blog harus memenuhi kriteria dengan lalu visitor tinggi, konten yang baik, dan lain sebagainya.

2. Display Ads

Kemudian penghasilan blogger pemula yang kedua adalah melalui display ads. Jenis iklan seperti ini yang banyak digunakan untuk meraup penghasilan para blogger di Indonesia maupun dunia. Model monetize blog seperti ini terbilang paling mudah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Meskipun pendapatan dari yang relatif kecil, tapi dengan visitor yang besar juga akan mampu memaksimalkan pendapatan. Jadi, inti dari sumber penghasilan blogger pemula ini adalah sangat bergantung pada tinggi atau rendahnya visitor blog. Platform display ads yang paling populer di Indonesia adalah Google Adsense, yang dibuat dan dikembangkan oleh Google.

3. Iklan Mandiri

Banyak juga penghasilan blogger pemula yang diapatkan dari Iklan mandiri. Saat ini iklan mandiri masih berkembang dan populer dengan menawarkan slot iklan di bagian dari blog. Target dari iklan mandiri ini untuk umum, baik personal maupun perusahaan yang ingin mempromosikan produk maupun jasa.

Iklan mandiri ini merupakan iklan yang ditawarkan langsung oleh para blogger kepada pengiklan. Jadi, memang untuk penghasilan iklan mandiri ini tidak sebesar dengan jenis iklan sponsor content.

4. Menjual Jasa

Untuk mendapatkan penghasilan blogger pemula tidak hanya bergantung pada iklan saja. Sering juga mereka menawarkan berbagai produk maupun jasa untuk mendapatkan penghasilan. Dengan menawarkan jasa seperti ini akan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Terlebih jika namanya sudah cukup terkenal di dunia internet maupun di kalangan masyarakat.

Hanya dibutuhkan skill, kepercayaan, dan tingkat kredibilitas seorang blogger kepada pengiklan. Terdapat beberapa jasa yang biasanya ditawarkan oleh mereka, seperti jasa pembuatan website, pembuatan template premium, kursus online, dan jasa SEO.

Bagi yang saat ini suka ngeblog, jadikan beberapa sumber penghasilan blogger pemula di atas sebagai referensi dalam mencari penghasilan. Jika rajin dalam mengelola dan juga konsisten dalam mengisi blog dengan konten bermanfaat pasti akan cepat berkembang dalam beberapa bulan. Dapatkan trafik yang tinggi untuk menghasilkan penghasilan yang banyak pula.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *