WordPress dengan self hosting memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah menawarkan banyak plugin gratis. Beberapa dari blogger pemula masih belum mengetahui plugin wajib wordpress apa saja yang harus diinstall. Kebanyakan justru menginstall plugin-plugin yang tidak terlalu penting dan malah memperlambat loading web.

Masing-masing plugin wordpress memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada pula plugin yang memiliki fungsi hampir sama, namun berbeda tampilan user interface dan fitur-fiturnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi plugin wordpress yang bisa digunakan.

Jetpack

Salah satu plugin gratis wordpress yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah Jetpack. Plugin ini memiliki banyak manfaat ketika mengembangkan suatu website. Beberapa fitur dan manfaat yang bisa didapatkan diantaranya adalah :

  • Mendapatkan perlindungan dari serangan spam dan monitor downtime
  • Fasilitas mencadangkan seluruh konten secara berkala sesuai kebutuhan
  • Adanya fasilitas widget subscription, custom comment serta contact forms
  • Bisa menampilkan statistik website dan terintegerasi dengan Google Analytics
  • Melakukan pemindaian terhadap malware dan lain sebagainya

Fitur dan manfaat di atas bisa didapatkan dengan cara berlangganan plugin Jetpack sesuai dengan kebutuhan. Disini terdapat 4 versi, yaitu versi gratis, personal, premium dan profesional.

Aksimet

Plugin aksimet merupakan salah satu plugin yang memiliki fungsi untuk memeriksa seluruh komentar yang masuk pada website tersebut. Pemilik website dapat melakukan tinjauan spam komentar yang masuk pada dashboard wordpress dan masuk di menu komentar. Plugin wajib wordpress ini juga menawarkan fitur memblokir komentar spam yang tidak relevan.

Yoast SEO

Agar memaksimalkan website muncul di halaman terdepan search engine, wajib hukumnya untuk menginstall plugin Yoast SEO. Plugin ini termasuk salah satu plugin yang rutin melakukan pembaruan. Fitur-fitur yang ditawarkan juga menarik, tampilannya sangat user friendly dan mudah dipahami bagi pemula sekalipun.

WP Super Cache

Plugin selanjutnya yang wajib di install adalah WP Super Chace. Sesuai dengan namanya, plugin ini memiliki fitur utama untuk menyimpan chache pada website secara statis. Nantinya plugin ini akan bekerja untuk mengarahkan pengunjung ke chace tadi sehingga aksesnya menjadi lebih cepat.

WP Super Chace juga dapat menaikkan limit memory dari server hosting dan mengurangi penggunaan bandwith pada website tersebut. Kelebihan lain adalah dapat memastikan bahwa konten dalam website tersebut bisa diakses kapan saja, sekalipun jaringan sedang down. Disisi lain, bisa melakukan optimasi SEO dengan memaksimalkan loading website.

Broken Link Checker

Plugin wajib wordpress selanjutnya adalah broken link checker. Kegunaan dari plugin ini adalah untuk mencari link yang menyebabkan terjadinya error 404 pada suatu website. Nantinya plugin tersebut akan bekerja secara otomatis untuk melakukan monitor pada suatu website dan laporannya akan muncul di bagian dashboard WordPress.

WP Smush

Sebuah website yang di dominasi oleh banyak gambar biasanya akan berpengaruh pada loadingnya. Apabila loading lambat, tentunya akan membuat pengunjung menunggu terlalu lama bahkan ada yang pergi begitu saja. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah plugin WP Smush.

WP Smush merupakan plugin dengan fungsi utama melakukan kompres pada setiap gambar yang terupload di website. Menariknya adalah plugin ini tidak menurunkan kualitas gambar aslinya meskipun telah dilakukan kompres. Dengan demikian, loading website menjadi lebih ringan dan tentunya membuat pengunjung menjadi nyaman.

Poin penting sebelum mencari plugin wajib wordpress adalah ketahuilah manfaat dan kegunaan dari plugin tersebut. Jangan sampai malah membuat loading website menjadi lambat karena kebanyakan plugin yang tidak efisien.

Kategori: Tips

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *